di Amerika tepatnya di Washington pekerjaan sebagai penarik becak wisata mempunyai gaji yang mumpuni. untuk tur singkat keliling kawasan bersejarah di Washington mempunyai tarif sebesar 450 USD sedangkan untuk perjalanan jarak dekat tarifnya sebesar 15-20 USD. dalam sehari mereka rata-rata mampu meraup 100-150 USD.  jika dikurs dalam rupiah sebesar 1-1,5 juta dan jika diakumulasi dalam satu bulan mencapai 30-45 juta. tentunya sangat-sangat besar bukan.

menjadi seorang tukang becak wisata sebenarnya mudah-mudah saja. tidak perlu mempunyai otot segede ade rai, betis sebesar pemain bola, lulusan s2 universitas luar negeri  modalnya cukup sedikit otot, sedikit otak, dan modal sebesar 3400 USD (34 juta) untuk menebus seperangkat becak wisata.

padahal becak model kayak gitu dibikin di Indonesia paling cuma habis biaya sebesar 4-5 juta rupiah. lalu bagaimana bila dibandingkan dengan kehidupan di Indonesia?.

seorang sarjana lulusan perguruan tinggi negeri pun belum tentu mampu memperoleh gaji sebesar itu. mungkin sekitar <5juta untuk fresh graduated. konon gaji seorang engginering muda yang bekerja di perusahaan minyak internasional bisa mencapai 20juta perbulan. padahal modal otak yang diperlukan sangat besar untuk bekerja di perusahaan minyak asing.

ada yg mau comment?