bagaimana jika tim pemadam kebakaran mempunyai kesempatan untuk berbicara?

mungkin banyak keluh kesah yang akan diungkapkan oleh orang-orang yang bekerja dibaliknya. sebuah pekerjaan yang mulia dan sayangnya kurang mendapat penghargaan dari beberapa pihak.

kenyataan bahwa tunjangan hidup mereka yang kurang layak, jaminan kesehatan yang terbatas dan terkesan lambat, dan jaminan kesehatan mereka yang terbatas.

“Pemadam Kebakaran Indonesia mungkin saja pemadam kebakaran terberani di dunia”

dengan fasilitas yang seadanya saya rasa mungkin ada benarnya juga. dengan menomer duakan safety (mungkin bukan menomer 2 kan, tetapi karena ketidak tersediaan) mereka tetap gagah berani memadamkan api.

“tabung pemadam kebakaran terkadang kosong”

kenyataan bahwa fasilitas yang dimiliki oleh tim pemadam kebakaran sangat tidak layak dimiliki sering dijumpai. mungkin terkesan janggal, tabung pemadam kebakaran milim tim pemadam kebakaran ternyata kosong. tapi itulah realita.

“pemadam kebakaran kurang agresif”

masyarakat terkadang memiliki persepsi negatif terhadap kinerja pemadam kebakaran. padahal carut marutnya tata letak pemukiman Indonesia ditambah fasilitas penunjang yang seharusnya dimiliki di daerah-daerah tertentu (seperti hydrant atau paling tidak saluran air) kurang memadai, dengan SDM yang terbatas tentu saja tidak dapat disalahkan jika kinerja pemadam kebakaran dirasa kurang maksimal oleh masyarakat.

ketua komisi A DPRD DKI Jakarta
“Kinerja pemadam kebakaran indonesia yang kurang efektif  layak untuk dimaklumi”

meski tugas mereka mempertaruhkan nyawa masih saja dipandang sebelah mata