selama perhelatan PIMNAS berlangsung rasanya waktu bergulir begitu cepat. mulai prepare stand ITS dari jam 7 pagi hingga prepare lagi di sore harinya dan berakhir di kamar tidur..

hari #2.

22 Juli 2009

hari dimana PIMNAS secara resmi dibuka pukul 10 pagi, kalo enggak salah dibuka oleh P. SBY dan MENDIKNAS.

pembukaan pimnas xxii

karena kebetulan kebagian pameran IPTEK jadi enggak bisa ikut acara pembukaan.

dan apa yang terjadi di stan ITS?. kita punya sesuatu yang baru di sana.

ning robits dan cak robits

sepasang maskot yang bernama ning robits dan cak robits menghiasi stan ITS. keadaan stan ITS cukup membanggakan, stan kita diserbu oleh banyak pengunjung. mungkin karakteristik mahasiswa ITS sangat susah untukk disembunyikan. sesuatu bermula di sore hari, dengan semangat patriotisme ala kota pahlawan kegilaan pun terjadi. berawal dari stan UNAIR yang mulai mendendangkan lagu-lagu dangdut dan sebangsanya dengan meriahnya (stan UNAIR terletak persis dibelakang stan ITS) sang MC terbawa suasana dengan mulai bergoyang dengan binalnya. berlangsung cukup lama dan sangat menarik perhatian orang-orang, mungkin mereka berpikir “dasar orang gila enggak punya malu..”,  tapi itulah kita tetap asyik tanpa peduli kata orang.

IMG_4672

IMG_4678

IMG_4691

malam harinya dengan semangatnya saya memilih untuk pindah ke asrama UNIBRAW tidak lagi tinggal di hotel dengan harapan bisa menikmati suasana yang berbeda apalagi kalo dilihat dari luar, asrama UNIBRAW terlihat begitu bagus.

perjalanan pindah rumah pun dimulai. dan tidak disangka ternyata asrama UNIBRAW berbeda dengan harapan saya. sedih..

hari #3.

23 Juli 2009

hari pertama di asrama UNIBRAW diawali dengan jalan-jalan. tujuan pertama foto facebook (istilah baru di satn ITS) di bunderan / tugu Unibraw. foto-foto pun sukses.

bundaran unibraw

bundaran unibraw

keadaan stan ITS sama seperti biasa, rame dengan pengunjung mulai dari anak sd sampai dosen. salah satu trademark di stan ITS yaitu si SRI the jaipong master si juara 3 Robot Seni Indonesia dan the best design.

IMG_4652

di siang harinya saya diwawancarai wartawan dari kompas. cukup bangga sih, tapi sayangnya enggak sempet ngecek korannya langsung. tapi setelah dicek di internet ternyata ada juga loh, kompas online.

seperti biasa keadaan stan ITS disore harinya begitu luar biasa “menggila”. kali ini kita tidak hanya melibatkan UNAIR saja tetapi melibatkan pengunjung dan penjaga stan dari universitas lainnya untuk bermain game SKJ (senam keterbelakangan jiwa) yang memperebutkan t-shirt gratis dari ITS. dimulai dari pengunjung dari FTK ITS yang memang dari sananya terkenal gila dan diikuti oleh mahasiswa UMM (Universitas Muhammadiyah Malang), UB (Universitas Brawijaya), dan ITN (Institut Teknologi Nasional Malang) secara berurutan.

kegilaan mode: on.

IMG_4704

IMG_4713

IMG_4720

IMG_4721

kegilaan pun berakhir ketika maghrib. setelah itu ketika evaluasi ternyata mendapat kejutan, kita diajak nonton bareng di MATOS (Malang Town Square). hore…nonton gratis.

IMG_4748

foto waktu nongkrong sambil nunggu jemputan.

nonton usai hati sumringah, keram kaki lupa terasa. (waktu itu nonton Punk In Love, cocok sekali nonton itu di kota dimana background film itu berasal, Malang). foto facebook pun dimulai sembari menunggu jemputan kembali.

IMG_4751

IMG_4753

hari #4

24 Juli 2009

hari terakhir pameran iptek terlihat lebih sepi dari biasanya, banyak stan universitas lain yang sudah ditinggal penghuninya, tetapi sepinya stan pengisi pameran iptek tidak membuat sepi hati kita. anak-anak ITS justru semakin menggila. segala cara dilakukan buat menarik minat pengunjung. salah satunya ekspansi keluar pameran dengan maskot dan umbul-umbul kita.

IMG_4763

IMG_4764

susahnya ngatur anak SD

hari terakhir stan ITS tutup lebih awal, kenapa?. semua itu gara-gara sudah mulai sepinya stan universitas lain. dan apa yang terjadi berikutnya?. semua diawali oleh anak-anak IPB yang puter-puter sambil foto facebook. sebagai anak ITS yang emang dari awalnya slengekan di PIMNAS enggak terima dong. selepas IPB lewat selang beberapa menit giliran kita bergerilya keliling stan-stan universitas lain sambil menyanyikan lagu “sayonara-sayonara…sampai berjumpa pulang”. dan diakhiri dengan infasi besar-besaran ala indian ke kandang IPB.

IMG_4805

malam pun tiba. berhubung ini hari terakhir PIMNAS XXII otomatis kita mesti bongkar-bongkar stan sekalian packing alat. PIMNAS pun hampir berakhir. dimalam harinya sesuai dengan undangan yang tertera bahwa acara penutupan tidak diperbolehkan memakai atribut institusi jadinya kita yang menginap diasrama pun menggunakan pakaian formil. sebelum acara penutupan ada acara makan malam bersama secara prasmanan. di undangan tertera acara dinner dilaksanakan jam 19.00 wib dan taukah kamu?.  dengan semangat ala anak-anak ITS, seluruh tim pameran iptek ternyata sudah menguasai tempat makan malam dan tepat pukul 18.45 anak-anak sudah menyerbu makanan-makanan yang tersedia. padahal waktu itu kondisinya si catring masih prepare-prepare dan hanya anak ITS saja yang ada di situ bahkan radius 100 m hanya kita..

acara penutupan pun tiba. diawali dengan keadaan yang senyap seperti acara formal. enggak cocok buat mahasiswa yang katanya tukang demo. keonaran pun dimulai, lagi-lagi oleh anak ITS. berawal dari kita memprovokasi anak univ padjajaran dan berakhir di acara gelombang manusia. sukses.., kita berhasil memancing mahasiswa yang lainnya. graha pun meriah..IMG_4810

IMG_4826

acara penutupan diawali dengan musik, tarian, instrumental, kesan-kesan dari mahasiswa tamu (salah satunya anak ITS), tarian lagi, dan sambutan dari rektor dan DIKTI. dan acara yang paling ditunggu-tunggu yaitu acara pengumuman. sangat mendebarkan. diawali dengan pengumuman poster pkm dan pengumuman presentasi pkm. satu-satu mahasiswa yang memperoleh juara disambut meriah oleh kontingen dari institusinya masing-masing. sebuah apresiasi yang cukup besar diberikan kepada mahasiswa dari papua yang memperoleh juara dengan tepuk tangan yang meriah dari seluruh mahasiswa.

dan akhirnya ITS pun mendapat beberapa emas, perunggu, dan perak. disambut dengan meriah oleh seluruh kontingen ITS. rame..

IMG_4830

IMG_4837

hasil akhirnya ITS berada di peringkat 3. sangat fantastis bila dibandingkan tahun lalu yang berada diperingkat 16. hasil akhir. acara penutupan diakhiri dengan kebahagian tuan rumah yang menjadi juara umum lagi serta kontingen ITS yang rame-rame naik ke panggung sambil nampang buat foto facebook trus triak. Vivat…!!!.

lelah menghilang begitu saja karena kegembiraan, tetapi dibalik itu ada kesedihan yang sangat menyakitkan yaitu tidak diumumkannya juara untuk pameran iptek dan hilangnya sang wanita.

hari ke empat pun berakhir dikamar asrama.

hari #5.

25 Juli 2009.

menjelang dini hari kita mendapat kabar kalo mesti cek out dari asrama unibraw dan pindah ke hotel M*****a, sebelum cek out kita foto-foto dululah buat kenangan.

IMG_4847

sesuai perasaan nantinya di hotel kita akan terluntang lantung terlebih dahulu. semua itu terwujud, kita terkapar tidak berdaya di loby hotel selama beberapa menit. dari pada enggak jelas, foto facebook lagi..

IMG_4848

IMG_4850

hari berakhir di sebuah kamar hotel dengan sebuah kasur yang harus diisi 4 orang diatas. enggak cukup, jadinya saya mesti luntang lantung tidur di loby hotel, trus pindah ke resto-nya dan diakhiri nebeng di kamar orang.  saya balik ikut kontingen yang jam 5 pagi, biar adem skalian bisa istirahat di rumah lebih lama soalnya malemnya ada nikahan saudara.

perjalanan saya dan tim kontingen ITS pun berakhir disini. selamat buat tim yang memperoleh juara, selamat buat ITS yang berada di peringkat 3, dan jangan bersedih buat tim GKM ITS karena juara tidak diumumkan secara langsung. mudah-mudahan bisa bergabung kembali di kontingen ITS PIMNAS untuk ketiga kalinya.