great pacific garbage patch-jj-001samudera pasifik terdapat North Pacific Subtropical Gyre yang bergerak secara perlahan searah putaran jarum jam yang disebabkan oleh arus udara bertekanan tinggi. samudera pasifik seharusnya menjadi hamparan laut yang sangat luas yang dipenuhi phytoplankton dan hewan laut lainnya, selain itu juga menjadi jalur para pelaut ataupun nelayan untuk mencari ikan. tetapi kini samudera pasifik selain dipenuhi plankton juga dipenuhi jutaan ton sampah dan kebnyakan berupa sampah plastik. ini merupakan tumpukan sampah terapung terbesar di dunia.

trash-vortex

tumpukan sampah ini terbagi menjadi 2 kawasan, daerah sampah pasifik timur (Eastern Pacific Garbage Patches) dan daerah sampah pasifik barat (Western Pacific Garbage Patches). terkadang keduanya sering disebut Great Pacific Garbage Patch. Eastern Garbage Patch berada di antara Hawai dan Californi;a menurut perkiraan ahli luas wilayah itu mencapai 2 kali luas wilayah Texas.

masalah utama dengan plastik selain karena jumlahnya yang sangat banyak juga disebabkan karena plastik tidak dapat diuraikan. tidak ada proses alamiah yang dapat menguraikan sampah. menurut ahli usaha terbaik terhadap penanggulangan sampah tersebut bukan dengan membersihkan semua sampah tersebut melainkan dengan mencagah perkembangan pembuangan sampah.

“plastik mungkin sangat berguna bagi manusia tetapi juga sangat berbahaya bagi lingkungan”

source how stuff works