Ada beberapa macam survey kapal berdasarkan periode waktunya, yaitu

1. Annual Survey (AS)

Dilakukan tiap pengulangan tahun setelah kapal diluncurkan, dalam siklus 5 tahun survey. Annual survey dapat dilakukan 3 bulan sebelum atau sesudah tanggal jatuh tempo.

Dan jika dalam waktu 6 bulan tersebut belum dilakukan annual survey, maka sertifikasi dari klasifikasi menjadi tidak berlaku.

(LR Rules & Regulation Part 1, Chapter 2, Section 3 ; 3.51,  Jan 2007)

2. Intermediate Survey (ITSS)

Survey ini dilakukan saat / di antara jangka waktu annual survey yang kedua dan yang ketiga. Dan dapat dimulai sangat awal saat 3 bulan sebelum tahun kedua kapal. Selama intermediate survey dapat dilengkapi hal – hal yang diperlukan, kapanpun sampai 3 bulan setelah tahun ketiga kapal. Klasifikasi akan secara otomatis tidak berlaku jika intermediate survey belum terselesaikan, dan tidak ada toleransi untuk itu.

(LR Rules & Regulation Part 1, Chapter 2, Section 3 ; 3.52,  Jan 2007)

3. Docking Survey

Dalam 5 tahun siklus survey, harus dilakukan docking survey sebanyak 2 kali. Dengan periode maksimum antara dua docking survey tidak melebihi 3 tahun. Salah satu dari docking survey tersebut akan bertepatan dengan special survey. Intermediate survey dapat diganti dengan In Water Survey (IWS), jika kapal telah memenuhi spesifikasi klas dan teregistrasi dengan notasi *IWS.

(LR Rules & Regulation Part 1, Chapter 2, Section 3 ; 3.53,  Jan 2007)

4. Special Surveys at five-yearly intervals

Semua kapal yang di class kan pada LR juga harus dilakukan Spesial survey sesuai dengan persyaratan yang diberikan pada Chapter 3. Survey ini dilakukan pada interval 5 tahun.an. 5 tahun pertama adalah terhitung dari tanggal kapal selesai dibangun / diserahkan dari pihak ship builder. dan 5 tahun berikutnya terhitung dari tanggal Special survey  yang sebelumnya. Pertimbangan dapat diberikan atas kebijaksanaan komite untuk setiap keadaan pengecualian yang memperbolehkan perpanjangan klasifikasi lambung kapal untuk maksimal tiga bulan di luar tahun kelima. Jika perpanjangan disetujui pada periode berikutnya klasifikasi lambung kapal akan terhitung dari tanggal jatuh tempo Spesial survey sebelum diberikan perpanjangan.

(LR Rules & Regulation Part 1, Chapter 2, Section 3 ; 3.59,  Jan 2007)

5. Complete Surveys of machinery at five-yearly intervals

Jatuh tempo Complete Survey dari permesinan pada interval lima-tahunan, survey yang pertama lima tahun dari tanggal pembangunan atau tanggal klasifikasi pertama seperti yang tercatat dalam Buku register, dan lima tahun selanjutnya terhitung dari tanggal Complete Survey sebelumnya. Pertimbangan dapat diberikan atas kebijaksanaan Komite untuk setiap keadaan pengecualian yang membenarkan perpanjangan dari survey class permesinan maksimum tiga bulan melampaui tahun kelima. Jika perpanjangan disepakati, periode berikutnya akan mulai dari tanggal jatuh tempo dari Complete Survey permesinan sebelum perpanjangan diberikan. Survei dapat dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo tetapi tidak boleh lebih dari 12 bulan dari tanggal jatuh tempo, kecuali dengan persetujuan Komite. Apabila Complete Survey permesinan telah selesai dilakukan lebih dari tiga bulan sebelum tanggal jatuh tempo, dicatat tanggal penyelesaian akan menjadi tanggal akhir survei. Dalam semua kasus lain tanggal akan dicatat ulang tahun kelima.

(LR Rules & Regulation Part 1, Chapter 2, Section 3 ; 3.5.1.6,  Jan 2007)

thanks to: Ahmad Arief Djunaedi – Teknik Perkapalan 2006 Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Advertising

Monster Kid Frame


@monsterkidframe

About these ads